Indextrondosoul Farm

Cara merawat Ayam Bangkok Petarung

http://indextrondosoul-farm.blogspot.com/2013/04/cara-merawat-ayam-bangkok-petarung.html


Cara merawat Ayam Bangkok Petarung -  Ayam bangkok lebih dikenal dengan ayam petarung, karena ayam ini memiliki nyali yang besar dan didukung dengan postur tubuh yang besar pula. tetapi taukan anda jika ayam bangkok tidak dirawat dengan benar maka nyali bertarungnya akan berkurang dan bahkan kurang berani bertarung. Jika hal ini terjadi maka ayam bangkok yang anda miliki tidak lebih dari seekor ayam kampung biasa. Berikut ini akan saya ulas mengenai cara merawat ayam bangkok petarung.

Ayam bangkok siap untuk dirawat sekitar umur 7 bulan. Ditandai dengan suara kokoknya yang sudah lantang dan terlihat lebih ‘sombong’, mengayomi betina dan ayam-ayam yang lebih muda. Pisahkan ayam tersebut dalam kurungan tersendiri selama seminggu. Jangan didekatkan denggn jago yang jauh lebih tua dulu sebelum memiliki mental dan nyali yang kuat.

Cara merawat ayam bangkok petarung :
Cara merawat ayam bangkok petarung yang pertama adalah membangun mentalnya lebih dulu. Jangan sampai ayam trauma atau takut dengan ayam lain yang lebih tua. Kemudian baru secara bertahap meningkatkan volume ototnya dan memperbaiki staminanya. Untuk ayam muda, jangan diabar menerima pukulan keras dahulu. Tubuhnya masih dalam masa pertumbuhan. Pukulan yg terlalu keras dapat mengakibatkan luka serius dan membuat ayam menjadi cacat.
Gebraklah secara bertahap sesuai kemampuannya. Kalau cuma kuat 5 menit, ya harus diangkat jangan dipaksakan. Rawat lagi agar minggu depan mencapai target kuat 10 menit. Begitu terus selanjutnya sampai benar-benar siap.
Untuk dapat melihat keberhasilan pelatihan yang sudah dijalani dapat dilihat dari staminanya, tenaga, akurasi pukulan, bobot pukulan, dan lain-lain. Kalau saya pribadi, ayam dikatakan ada peningkatan bila staminanya bertambah baik. Kalau sekarang cuma kuat gebrak 10 menit, minggu besok kuat 1 ronde, itu tandanya ada peningkatan. Perhatikan nafasnya, Biasanya bila nafas (stamina) sudah bagus, maka artinya otot-otot sudah mulai berkembang. Selanjutnya akurasi pukulan akan ikut bagus dengan sendirinya. Tinggal kita meningkatkan tenaganya saja (bobot pukul).

Keberhasilan merawat ayam bangkok petarung tergantung dari kerajinan anda melakukan pelatihan dan tentunya didukung dengan konsumsi makanan yang baik dan tak lupa pemberian vitamin. Ayam siap tarung ketika volume ototnya sudah bagus serta staminanya sudah baik. Untuk otot bisa diraba sendiri dari bentuk paha, otot dada, leher, pegangan, dan lain-lain. Untuk stamina, patokan saya adalah abar 20 menit tidak boleh ngos-ngosan. Dilanjutkan ronde ke dua (20 menit lagi). Di ronde ke-2 bobot pukul harus konstan dan akurasi pukulnya bagus.

Cara merawat Ayam Bangkok Petarung, Pada: Jumat, April 19, 2013

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © 2014 Indextrondosoul Farm Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved